Skip to main content

DUNIA SAYA: Arum Pakar

DUNIA SAYA
(Saya dan Dunia)

Barangkali saya tak ingin memilih untuk ini
Jika terkata seperti itu, maka arti lain tak dapat dipenuhi
Tentang sebuah makna abstraksi saya dan dunia yang berbeda
Seringkali saya tak akrab dan saling membelakangi dengan dunia
Saya berbahagia dan tumbuh dengan pasti
Tentang berbeda itu hal biasa dan wajar bagi saya

Ketika saya tuntun jalan hidup dengan penuh intuisi dan karya
Tak satupun hal dan dunia yang berjabat tangan dengan saya
Atau justru karena saya mencintai diri saya dan tidak dengan dunia
Dalam tingkat pengukuran dunia, saya tak pernah dapat nilai A
Artinya dunia dan saya tak memiliki persamaan yang signifikan
Saya melihat dan termenung dalam radar yang tak ditemukan

Adanya siang yang seringkali bermusuhan dengan malam
Berjalan yang jalan tak pernah disediakan
Bersitegang untuk mencapai kedamaian dunia itu biasa
Berjalan ke tempat yang tak saya jumpai di dunia
Bagai air tanah yang tak terlihat tapi besar manfaatnya
Dan aku tersenyum pada dunia
Cintaku setulus hati dan tak dapat dunia membuatnya mati

Saya akhiri saja, segenap rasa inginku dan kecewaku padamu
Tak berkeinginan memperpanjang jalan yang telah ada
Dan tak ingin menunggu risalah yang diceritakan dunia
Menjadi simpanan dunia, bukankah sebuah hal yang luar biasa

Saya jadi superman yang tak bisa terbang
Atau spiderman yang tak punya jaring laba- labanya
Tapi saya adalah obat yang tak ditemukan dimana tempatnya

Comments

Popular posts from this blog

Sang Penyair Mustafa Lutfi Al Manfaluthi

Sang Penyair "Allah Maha Pembuka Pintu Hati" Aku akan bahagia karena aku adalah sang penyair, seorang penyair bersandiwara dengan fitrahnya. Ia akan merasakan kenikmatan dengan memakai pakaian yang bukan jubahnya, menampakkan perasaan jiwa yang bukan suara hatinya. Ia berperan sebagai orang 'gila', padahal ia cerdas. Berperan sebagai pengecut, padahal ia berani. Berperan bahagia padahal ia... menderita. Ia juga dapat berperan sebagai pecinta, yang menekan getaran cinta dihati untuk kebahagiaan orang lain. Ia akan mendengar suara kalbuku yang terucap dari mulutmu, merasakan jiwa dan ruhku dari tubuhmu. Meminum perasaan sukmaku dengan gelasmu, menyanyikan irama laguku dari kenyaringan suaramu. Aku hidup bebas, tertawa dan menangis sesuka hatiku. Bebas mengatur langkah-langkahku, mengangkat kepala dan berahasia, serta menulis kasidah sesuka hatiku. Aku juga bebas meninggalkan karya-karyaku tanpa harus menyesal. Aku bebas melahirkan kasidah tanpa tergantung pujian da...

Mencari Sang Penyair: Mustafa Luthfi Al Manfaluthi

Mencari Sang Penyair: Pembuka Novel “ aku akan bahagia karena aku adalah Sang Penyair. Seorang penyair bersandiwara dengan fitrahnya. Ia akan merasakan kenikmatan dengan memakai pakaian yang bukan jubahnya, menampakkan perasaan jiwa yang bukan suara hatinya. Ia berperan sebagai orang gila, padahal dia orang yang cerdas. Berperan sebagai pemberani, padahal ia pengecut. Berperan bahagia, padahal ia..... menderita. Ia juga dapat berperan sebagai pecinta, yang menekan getaran cinta di hati untuk kebahagian orang lain. Dia akan mendengar suara kalbuku yang terucap dari mulutmu, merasakan jiwa dan ruhku dati tubuhmu. Meminum perasaan sukmaku dari gelasmu, menyanyikan irama laguku, tetapi dari kenyaringan suaramu.” Demikian petikan dialog antara Sreno de Borjork, Sang Penyair, dengan Baron Christian de Nofet, sahabat sekaligus rival dalam cinta. Dialog tersebut bisa anda baca lebih lanjut dalam halaman- halaman buku ini. Namun dari kalmat tersebut kita bisa mengajukan beberapa pertan...

MAKALAH PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN PENDIDIKAN DAN PERKEMBANGANMASYARAKAT

MAKALAH PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN PENDIDIKAN DAN PERKEMBANGANMASYARAKAT FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2011 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Dalam menempuh kehidupan manusia di pengaruhi beberapa faktor salah satunya adalah pendidikan. Dari tahu ke tahun banyak diadakan penelitian- penelitian tentang pendidikan. Beberapa ahli pendidikan seperti Danison, Kreuger dan Becker mengadakan penelitia, dan hasilnya mendukung pendapat Smith jika memang ada hubungan yang sangat erat antara tingkat pendidikan penduduk dengan kemajuan ekonomi suatu masyarakat. Penemuan ini dijadikan acuan beberapa negara dalam pelaksanaan pendidikan. Misalnya di Indonesia ada tingkatan pendidikan dari SD, SLTP, Akademi dan Tingkat Perguruan Tinggi. Pendidikan sangatlah penting bagi pengembangan masyarakat. Dimana pendidikan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat yang dicita- citakan. Pendidikan pun menjadi bagian esensial dari strategi kebudayaan karena kebudayaan hanya dapat hidu...