Skip to main content

JIKA MALU

Jika Malu

Aku tidak pernah berpikir ataupun sadar untuk dihidupkan di sini
Apapun alasannya, aku tidak pernah merasa membuat perjanjian kehidupan dengan Tuhan
Sekalipun pada kenyataannya begitu, mungkin aku tidak sadar
Dan maafkan, karena aku memang benar-benar tidak tahu
Aku akan bertanya pada Tuhan

Jika malu, katakan saja kita tidak saling mengenal
Anggap saja aku sudah tidak ada di sini, bilang saja aku main ke bulan lalu jatuh dan menghilang ditiup angin
Jika malu, pikirkan saja bahwa aku gadis goblok yang tidak bisa diatur dan pantas mati
Anggap saja aku tidak mengikuti kata keluarga yang kupikir selamanya benar ini
Jika malu, katakan saja padaku, aku akan menghilang secepatnya tanpa harus kau mencari alasan kepergianku
Tanpa harus kau menanggung malu sepanjang aku ada dan bahkan ketika aku menghilang

Maafkan, karena aku hanya bisa berusaha tanpa bisa menulis jalan hidup seperti yang Tuhan lakukan
Aku menyesal menjadi bagian yang memalukanmu
Karena ketidakmampuanku dan kegoblokanku kau menjadi malu
Katakan sekali saja, agar aku memiliki alasan untuk menghilang
Bahwa kau malu dan tak ingin melihatku
Bahwa bahwa bahwa aku tak pantas menjadi bagian keluarga ini

Aku menyesal, karena aku tidak bisa menuruti keinginanmu menjadi apa yang kau mau
Kecewa hatiku juga menyesal menjadi bagian yang tidak dihargai
Tidak diberi kebebasan, mau hidup atau mati, aku sungguh menyesal
Bilang saja bahwa ini salahku dan bilang saja aku kurangajar
Dan aku akan menguap tanpa lagi meninggalkan malu

Comments

Popular posts from this blog

Sang Penyair Mustafa Lutfi Al Manfaluthi

Sang Penyair "Allah Maha Pembuka Pintu Hati" Aku akan bahagia karena aku adalah sang penyair, seorang penyair bersandiwara dengan fitrahnya. Ia akan merasakan kenikmatan dengan memakai pakaian yang bukan jubahnya, menampakkan perasaan jiwa yang bukan suara hatinya. Ia berperan sebagai orang 'gila', padahal ia cerdas. Berperan sebagai pengecut, padahal ia berani. Berperan bahagia padahal ia... menderita. Ia juga dapat berperan sebagai pecinta, yang menekan getaran cinta dihati untuk kebahagiaan orang lain. Ia akan mendengar suara kalbuku yang terucap dari mulutmu, merasakan jiwa dan ruhku dari tubuhmu. Meminum perasaan sukmaku dengan gelasmu, menyanyikan irama laguku dari kenyaringan suaramu. Aku hidup bebas, tertawa dan menangis sesuka hatiku. Bebas mengatur langkah-langkahku, mengangkat kepala dan berahasia, serta menulis kasidah sesuka hatiku. Aku juga bebas meninggalkan karya-karyaku tanpa harus menyesal. Aku bebas melahirkan kasidah tanpa tergantung pujian da...

Mencari Sang Penyair: Mustafa Luthfi Al Manfaluthi

Mencari Sang Penyair: Pembuka Novel “ aku akan bahagia karena aku adalah Sang Penyair. Seorang penyair bersandiwara dengan fitrahnya. Ia akan merasakan kenikmatan dengan memakai pakaian yang bukan jubahnya, menampakkan perasaan jiwa yang bukan suara hatinya. Ia berperan sebagai orang gila, padahal dia orang yang cerdas. Berperan sebagai pemberani, padahal ia pengecut. Berperan bahagia, padahal ia..... menderita. Ia juga dapat berperan sebagai pecinta, yang menekan getaran cinta di hati untuk kebahagian orang lain. Dia akan mendengar suara kalbuku yang terucap dari mulutmu, merasakan jiwa dan ruhku dati tubuhmu. Meminum perasaan sukmaku dari gelasmu, menyanyikan irama laguku, tetapi dari kenyaringan suaramu.” Demikian petikan dialog antara Sreno de Borjork, Sang Penyair, dengan Baron Christian de Nofet, sahabat sekaligus rival dalam cinta. Dialog tersebut bisa anda baca lebih lanjut dalam halaman- halaman buku ini. Namun dari kalmat tersebut kita bisa mengajukan beberapa pertan...

MAKALAH PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN PENDIDIKAN DAN PERKEMBANGANMASYARAKAT

MAKALAH PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN PENDIDIKAN DAN PERKEMBANGANMASYARAKAT FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2011 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Dalam menempuh kehidupan manusia di pengaruhi beberapa faktor salah satunya adalah pendidikan. Dari tahu ke tahun banyak diadakan penelitian- penelitian tentang pendidikan. Beberapa ahli pendidikan seperti Danison, Kreuger dan Becker mengadakan penelitia, dan hasilnya mendukung pendapat Smith jika memang ada hubungan yang sangat erat antara tingkat pendidikan penduduk dengan kemajuan ekonomi suatu masyarakat. Penemuan ini dijadikan acuan beberapa negara dalam pelaksanaan pendidikan. Misalnya di Indonesia ada tingkatan pendidikan dari SD, SLTP, Akademi dan Tingkat Perguruan Tinggi. Pendidikan sangatlah penting bagi pengembangan masyarakat. Dimana pendidikan berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat yang dicita- citakan. Pendidikan pun menjadi bagian esensial dari strategi kebudayaan karena kebudayaan hanya dapat hidu...