Thursday, November 17, 2011

contoh rencana pelaksanaaan pembelajaran (RPP)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA  7 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas I Semester        :  X / Satu
Pertemuan ke             : 7
Alokasi Waktu             :  2 x 45 menit
Standar Kompetensi:2.      Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen
Kompetensi Dasar :2.2.        Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram
Indikator
o      Siswa mampu membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram)
o      Siswa mampu mengidentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
I.       Tujuan Pembelajaran
o      Mendeskripsikan konsep “the law of diminishing marginal return” yang berkaitan dengan produksi dan konsumsi
II.      Materi  Pembelajaran  :          
kegiatan ekonomi
o      Diagram interaksi pelaku ekonomi. (Circulair Flow Diagram)
o      Manfaat interaksi pelaku ekonomi
III.     Metode Pembelajaran :          
1,      Ceramah bervariasi
2.      Pemberian tugas
3.      Diskusi kelompok

IV.     Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi
Waktu
A.      Kegiatan awal:
a.      Apersepsi
b.      Motivasi
c.      Potensi diri
d.      Pre tes

10
B.     Kegiatan Inti :
o      Informasi singkat tentang model diagram interaksi pelaku ekonomi  (Circulair Flow Diagram) oleh guru.
o      Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi manfaat circular flow diagram bagi pengambil kebijakan ekonomi.
o      Mendiskusikan secara kelompok tentang arus lingkaran kegiatan ekonomi ( sederhana, dengan campur tangan pemerintah, dan kegiatan ekonomi terbuka)
o      Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi
o      Masing-masing kelompok membuat laporan hasil diskusi

70
C.     Kegiatan Akhir :
a.      Menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Post tes

10
V.      Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a.      Alat / Bahan          :    Peta Konsep
CD Perangkat Pembelajaran PT Phibeta
b.      Sumber Belajar      :    Ekonomi SMA Jilid 1, MT. Ritonga, Yoga Firdaus.  PT. Phibeta Jakarta 2007 
VI.     Penilaian          
1.      Prosedur   :
a.   Penilaian proses belajar mengajar
b.   Penilaian hasil belajar

2.      Alat Penilaian (Soal terlampir)


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA  7 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010


Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas I Semester        :  X / Satu
Pertemuan ke             : 8
Alokasi Waktu             :  2 x 45 menit

Standar Kompetensi : 2.    Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen

Kompetensi Dasar : 2.3.       Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen

Tujuan / Indikator
o      Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).
o      Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri)..
I.       Tujuan Pembelajaran
o      Mendeskripsikan 4 konsep dasar perilaku konsumen
o      Mendeskripsikan 4 konsep dasar perilaku produsen
II.      Materi  Pembelajaran  :          
o      Pelaku  Ekonomi
III.     Metode Pembelajaran :          
1,      Ceramah bervariasi
2.      Pemberian tugas
3.            Diskusi

IV.     Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi
Waktu
A.      Kegiatan awal:
a.      Apersepsi
b.      Motivasi
c.      Potensi diri
d.      Pre tes

10
B.     Kegiatan Inti :
·                Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi  (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui studi pustaka
·                Menunjukan contoh peran pelaku ekonomi  di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui diskusi di kelas

70
C.     Kegiatan Akhir :
a.      Menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Post tes

10
V.      Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a.      Alat / Bahan          :    Peta Konsep
CD Perangkat Pembelajaran PT Phibeta

b.      Sumber Belajar     :    Ekonomi SMA Jilid 1, MT. Ritonga, Yoga Firdaus.  PT. Phibeta Jakarta 2007 

VI.     Penilaian          
1.      Prosedur   :
a.   Penilaian proses belajar mengajar
b.   Penilaian hasil belajar

2.      Alat Penilaian (Soal terlampir)

No comments:

Post a Comment

Kita ini apa?