RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA 7 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas I Semester : X / Satu
Pertemuan ke : 7
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi:2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen
Kompetensi Dasar :2.2. Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram
Indikator
o Siswa mampu membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram)
o Siswa mampu mengidentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
I. Tujuan Pembelajaran
o Mendeskripsikan konsep “the law of diminishing marginal return” yang berkaitan dengan produksi dan konsumsi
II. Materi Pembelajaran :
kegiatan ekonomi
o Diagram interaksi pelaku ekonomi. (Circulair Flow Diagram)
o Manfaat interaksi pelaku ekonomi
III. Metode Pembelajaran :
1, Ceramah bervariasi
2. Pemberian tugas
3. Diskusi kelompok
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu |
A. Kegiatan awal: a. Apersepsi b. Motivasi c. Potensi diri d. Pre tes | 10 |
B. Kegiatan Inti : o Informasi singkat tentang model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram) oleh guru. o Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi manfaat circular flow diagram bagi pengambil kebijakan ekonomi. o Mendiskusikan secara kelompok tentang arus lingkaran kegiatan ekonomi ( sederhana, dengan campur tangan pemerintah, dan kegiatan ekonomi terbuka) o Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi o Masing-masing kelompok membuat laporan hasil diskusi | 70 |
C. Kegiatan Akhir : a. Menyimpulkan materi pembelajaran b. Post tes | 10 |
V. Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a. Alat / Bahan : Peta Konsep
CD Perangkat Pembelajaran PT Phibeta
b. Sumber Belajar : Ekonomi SMA Jilid 1, MT. Ritonga, Yoga Firdaus. PT. Phibeta Jakarta 2007
VI. Penilaian
1. Prosedur :
a. Penilaian proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar
2. Alat Penilaian (Soal terlampir)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA 7 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas I Semester : X / Satu
Pertemuan ke : 8
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen
Kompetensi Dasar : 2.3. Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen
Tujuan / Indikator
o Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).
o Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri)..
I. Tujuan Pembelajaran
o Mendeskripsikan 4 konsep dasar perilaku konsumen
o Mendeskripsikan 4 konsep dasar perilaku produsen
II. Materi Pembelajaran :
o Pelaku Ekonomi
III. Metode Pembelajaran :
1, Ceramah bervariasi
2. Pemberian tugas
3. Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu |
A. Kegiatan awal: a. Apersepsi b. Motivasi c. Potensi diri d. Pre tes | 10 |
B. Kegiatan Inti : · Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui studi pustaka · Menunjukan contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui diskusi di kelas | 70 |
C. Kegiatan Akhir : a. Menyimpulkan materi pembelajaran b. Post tes | 10 |
V. Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
a. Alat / Bahan : Peta Konsep
CD Perangkat Pembelajaran PT Phibeta
b. Sumber Belajar : Ekonomi SMA Jilid 1, MT. Ritonga, Yoga Firdaus. PT. Phibeta Jakarta 2007
VI. Penilaian
1. Prosedur :
a. Penilaian proses belajar mengajar
b. Penilaian hasil belajar
2. Alat Penilaian (Soal terlampir)
No comments:
Post a Comment